200 x 90

Kalau Mau Kaya Tanpa Jadi Pengusaha, Belajar Coding Bisa Jadi Jawabannya

Kalau Mau Kaya Tanpa Jadi Pengusaha, Belajar Coding Bisa Jadi Jawabannya
Kalau Mau Kaya Tanpa Jadi Pengusaha, Belajar Coding Bisa Jadi Jawabannya

Mengapa jadi programmer? Bukankan menulis kode di depan komputer adalah pekerjaan yang gak keren? Barangkali bagimu pekerjaan ini terlihat membosankan, tapi tunggu sampai kamu tahu berapa pendapatan seorang programmer dalam satu bulan.

Seorang entry-level programmer (pemula) di Jakarta bisa memperoleh gaji sebesar 4 juta Rupiah sebulannya. Sementara analyst programmer di perusahaan top bisa meraup gaji sebesar 28,5 juta Rupiah per bulan. Jika itu belum cukup menggiurkan buat kamu, lihatlah programmer di Amerika yang rata-rata bisa membawa pulang gaji USD 66,000/bulan atau kurang lebih senilai dengan 64 juta Rupiah/bulan.

Dan jangan lupa, para pendiri Google, Facebook atau Twitter semuanya adalah programmer. Lihat kesuksesan mereka sekarang.

Forbes memproyeksikan gaji yang diterima dari pekerjaan tulis-menulis kode seperti web developer, software developer, programmer dan lain-lain akan meningkat hingga 8% per tahun.

Walaupun begitu, mempelajari kode komputer masih terlihat menyeramkan bagi orang awam. Tapi kamu gak perlu takut lagi, berkat banyaknya situs gratis yang menawarkan pelajaran menulis kode. Kamu gak akan kekurangan sumber dan belajar menulis kode gak pernah semudah ini sebelumnya. Bahkan kalau kamu serius, kamu bisa menciptakan sebuah purwarupa web atau software dalam dua bulan. Yuk kita belajar sama-sama!

1. Pertama, Pahamilah Istilah-Istilah Pemrograman

Keberadaan terminologi aneh dan membingungkan dalam dunia programming barangkali jadi alasan kenapa selama ini kamu menjauh. Ada baiknya kalau kamu mulai dari mempelajari istilah sederhana lebih dulu. Kenali istilah komputer yang sering kamu simak namun entah apa maksudnya seperti PHP, HTML, Java atau API.

Pahami juga perbedaan antara Server dengan Web Server. Dari situs ini kamu bisa mempelajari istilah-istilah penting dalam pemrograman yang dijelaskan dengan bahasa yang mudah dipahami. Dalam 10 menit kamu udah bisa memahaminya.

2. Bulatkan Tekad; Berkenalanlah Dengan Teknik Dasar Programming dan… Python

Python adalah bahasa pemrograman level tinggi yang sangat lumrah digunakan untuk belajar menulis kode. Python bebas digunakan dan bisa di didapatkan secara gratis di sini. Untuk mempelajari Python, ada dua situs yang bisa menjadi tempat ‘kursus’ kamu:

Learn Python The Hard Way, walau nama situsnya seram, mempelajari dasar-dasar Phyton lebih mudah dalam situs ini. Sangat cocok buat pemula.
Google’s Python Class, kalau kamu lebih familiar dengan tampilan antar-muka Google, maka inilah situs pilihan kamu. Kelebihannya, Google menyediakan video tutorial dan latihan untuk mengetes sejauh mana kemampuan kamu.

Kedua sumber di atas cukup lengkap dan saling menutupi kekurangan masing-masing. Coba aja kedua-duanya lalu seiring waktu kamu akan tahu situs mana yang paling cocok buat kamu. Jangan lupa terus mencoba dan berlatih.

3. Ikuti Kelas Pengantar Django

Django adalah web frameworks yang ditulis dalam bahasa Python. Peran web frameworks sangat penting dalam jalur pertukaran data melalui internet. Frameworks bertanggung jawab menerima dan mengolah request dari pengguna internet lalu mengirimkan kembali respond yang tepat ke browser pengguna.

Jadi alurnya begini: ketika kamu membuka laman Facebook kamu langsung diarahkan ke laman ‘Home’, ketika kamu klik akun seorang teman, request itu dikirim browser ke server Facebook yang menyimpan data teman tersebut. Tapi karena browser tiap orang beda-beda, di sinilah peran Django bermain. Frameworks ini menerjemahkan dan mengirim data si teman kembali ke komputer kamu sebagi respon.

Ikuti petunjuk dan instruksi dari tutorial Django. Setelah tutorial selesai, hapus semua kode yang sudah kamu tulis. Kemudian tulislah ulang kode-kode itu tanpa mengintip tutorial. Dengan cara itu kamu bisa lebih paham soal Django.

4. Perdalam Lagi Pemahaman Kamu Soal Python. Caranya, Putarlah Video Berkualitas dari Kelas Komputer Udacity

Saatnya meningkatkan level kamu dalam penulisan kode. Dalam 2-4 minggu kamu harus step up dan mendapat pemahaman yang lebih dalam soal bahasa Python dan konsep-konsep programming. Kamu bisa memanfaatkan kelas ilmu komputer dari Udacity, kelas ini terdiri dari 7 sesi dengan durasi 2-3 jam tiap sesi. Materi disampaikan melalui video berkualitas.

Massachusetts Institute of Technology juga menawarkan kelas terbuka yang bisa kamu hadiri secara vitual. Materi ini disampaikan dengan gaya kuliah anak-anak MIT. Lumayan, jadi tahu rasanya kuliah di sana ‘kan?

5. Waktunya Praktik! Mulai Bangun Sebuah Situs Sederhana dengan Tema Apa Saja

Mulailah membangun sebuah situs sederhana dalam 1 minggu, temanya apa aja asal gak melanggar UU ITE dan gak mengandung unsur SARA.

Amannya kamu mulai dengan membuat web yang isinya cuma data pribadi, foto, atau lagu kesukaan. Jangan malu dibilang terlalu sederhana, namanya juga belajar. Kalau kamu masih butuh contoh gunakan bantuan dari Django by Example ini.

6. Buatlah Purwarupa dan Berpikirlah Untuk Mendirikan Start-Up

Setelah coba-coba dengan situs sederhana tadi, waktunya kamu lebih serius. Kalau kamu punya ide yang brilian dan teman-teman yang sepaham, ajak mereka mendirikan perusahaan startup.

Dropbox, Air Bnb, Twitter, Evernote, LinkedIn dan macam-macam situs lain di mulai dari kegigihan pendirinya membangun startup. Satu-satunya cara agar bisa meraih penghasilan dari perusahaan startup-mu, kamu harus segera membuat prototype.

Kalau pada akhirnya startups kamu kandas, prototype produk yang sudah kamu kerjakan masih bisa dijadikan contoh karya atau portofolio yang sangat berguna ketika melamar perkerjaan. Dan seperti yang diungkap di awal artikel tadi, pekerjaan tulis menulis kode ini bergaji puluhan juta rupiah!

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked with *


0 Komentar

?>